Mengenal Jenis – Jenis Saham Yang Ada Di Pasar Modal

Di Indonesia saat ini sedang banyak sekali platform yang menawarkan tentang pembelian saham di suatu perusahaan. Ya, saham ini memang bisa dijadikan sebagai investasi atas kepemilikan harta yang kita miliki. Tapi sebenarnya apakah yang dimaksud dengan saham tersebut? Saham sendiri ialah tanda kepemilikan atas perusahaan yang berubah menjadi instrument investasi.

Jadi sebenanrya hanya dengan melakukan investasi saham terhadap suatu perusahaan tertentu, itu sama saja dengan anda menjadi salah satu pemilik perusahaan tersebut. Fungsi dari membeli saham di suatu perusahaan sendiri bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan semata, tetapi juga untuk menambah asset di masa depan. Selain itu anda juga sudah membantu agar perusahaan tersebut dapat bertahan ditengah sulitnya keadaan ekonomi.

Lantas perusahaan apa saja yang ada di Indonesia yang menjual sahamnya kepada masyarakat? Menurut peraturan hanya perusahaan yang sudah terdaftar didalam Bursa Efek Indonesia sajalah yang bisa menjual sahamnya. Itu karena saat melakukan proses penjualan saham perusahaan harus memiliki regulasi dan juga badan hukum yang jelas, jadi tidak sembarangan perusahaan bisa menjual sahamnya.

Sebagai investor yang baik kitapun harus mengetahui hal – hal tersebut agar kedepannya saat terjadi sesuatu yang buruk pada perusahaan tersebut kita tidak mengalami kerugian yang terlalu jauh. Selain mengerti akan hal tersebut, sebagai investor kita juga harus memahami tentang jenis jenis saham yang ada di pasaran.

Kira – kira jenis – jenis saham apa saja yang perlu diketahui oleh para investor? Berikut kita simak rangkumannya.

1. Saham Berdasarkan Kemampuan Dalam Hak Tagih
Jenis saham yang satu ini memiliki dua kategori didalamnya yakni saham biasa dan juga saham preferen, berikut penjelasan singkatnya :

- Saham Biasa
Saham jenis ini merupakan saham yang membuat pemiliknya memiliki hak suara saat adanya pengambila keputusan. Selain itu jika terjadi kerugian di perusahaan maka pemilik saham ini tetap akan mendapat pengganti sesuai dengan saham yang diberikan.

- Sahan Preferen
Saham preferen ini merupakan penggabungan antara kepemilikan saham dan obligasi. Pemilik saham ini juga bisa mendapatkan dividen kumulatif jika sebelumnya tidak diberikan.

2. Saham Berdasarkan Kinerja Perdagangan
Jenis saham yang satu ini memiliki enam kategori didalamnya yakni saham blue chip, saham income stocks, saham growth stocks, saham lesser-known, saham Speculative, dan saham Counter Cylical, berikut penjelasan singkat mengenai masing – masing saham tersebut :

- Saham Blue Chip
Saham ini merupakan saham yang biasa ditawarkan oleh perusahaan yang memiliki kinerja dan reputasi tinggi, tidak heran kalau saham ini menjadi incaran banyak investor.

- Income Stocks
Saham ini merupakan saham yang dapat menghasilkan dividen atau keuntungan yang lebih tinggi dari rata – rata dividen saham pada umumnya.

- Grothw Stocks
Saham yang satu ini merupakan saham yang mirip dengan saham blue chip dimana perusahaannya memiliki reputasi tinggi dan juga pertumbuhan keuntungan yang terus meningkat.

- Saham Lesser-Known
Saham yang satu ini biasanya merupakan saham yang ditawarkan oleh perusahaan daerah yang belum terlalu terekspos. Meski begitu pertumbuhan keuntungan di perusahaan ini tetap berjalan.

- Saham Speculative
Saham yang satu ini merupakan jenis saham untuk anda yang mencari keuntungan ataupun tabungan di masa depan karena saham ini bukanlah jenis saham yang memberikan keuntungan stabil setiap tahunnya.

- Saham Counter Cylical
Saham yang satu ini merupakan saham yang paling kuat karena tetap dapat ebrtahan dan memiliki keuntungan yang tinggi bahkan ditengah resesi ekonomi.

Share on : Facebook Twitter